11 Jenis Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak

11 Jenis Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak

Halo bunda, menjadi orang tua siapa yang tidak akan bangga dan tidak ingin memiliki anak yang cerdas serta pintar. Sebagai orang tua kita dapat memberikan asupan yang bergizi sejak anak kita masih didalam kandungan. Berikut ini beberapa daftar makanan yang di teliti mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak pada anak sedari dini dan sedari didalam kandungan. Apa sajakah itu? Berikut daftar 11 jenis makanan untuk mencerdaskan otak anak.

  1. Ikan Salmon, mungkin sebagaian dari bunda tidak menyukainya bahkan anak anak juga sering menolak kalau diberikan ikan salmon karena aromanya yang amis. Akan tetapi tahukah bunda, bahwa Salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3 -DHA dan EPA- di mana sangat baik untuk meningkatkan fungsi kecerdasan otak. Riset mengatakan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan memiliki hasil uji kemampuan diatas rata rata.
  2. Telur, Telur menjadi salah satu sumber protein yang baik. Tahukah bunda bahwa pada bagian kuning telur itu mengandung kolin. Kolin (choline) adalah vitamin yang larut dalam air. Kolin termasuk nutrien esensial dan seringkali dikategorikan dalam kelompok vitamin B. Kolin bermanfaat untuk merangsang perkembangan memori atau daya ingat.
  3. Susu Kambing Etawa, merupakan sumber protein juga. Bahkan menurut penelitian lebih baik daripada telur. Susu etawa di percaya mampu merangsang kecerdasan otak anak. Selain itu juga kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang serta gigi. Sangat baik untuk anak dalam masa pertumbuhan.
  4. Selai kacang, Kacang tanah (peanut) yang menjadi bahan utama selai kacang ternyata memiliki kandungan vitamin E. Fungsi Vitamin E umumnya kita ketahui sebagaiĀ Antioksidan dan dalam dunia kecantikan sering di pakai untuk keperluan kosmetik. Namun tahukah bunda bahwa antioksidan tersebut juga bermanfaat utnuk melindungi membran-membran sel saraf. Vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.
  5. Kacang-kacangan lain, selain selai kacang, hampir semua jenis kacang ternyata sedikit banyak juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Kacang menjadi sumber energi yang berasal dari protein & karbohidrat kompleks. Keistimewaan dari kacang adalah kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kacang mampu meningkatkan daya berpikir anak
  6. Gandum murni, Otak manusia membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Dan itu semua bisa kita dapatkan pada makanan gandum murni. Dimana serat yang terdapat didalam gandum murni bermanfaat untuk membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh
  7. Havermut, Apa sih itu Havermut? Hervarmut adalah salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan gizi penting bagi otak. Seperti halnya kacang dan gandung, Havermut bermanfaat untuk memberikan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan oleh anak untuk melakukan segala aktivitasnya.
  8. Buah Beri, semua kelompok buah beri meliputi stroberi, ceri, dan bluberi memiliki kandungan gizi yang baik. Berbicara tentang buah ini, semakin pekat warnanya itu membuktikan semakin banyak zat gizi. Buah beri sama seperti selai kacang dimana memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi. Buah beri juga kaya akan vitamin C, sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Berdasarkan penelitian, anak yang mendapatkan asupan ekstrak bluberi dan stroberi memiliki keunggulan daya ingat dibandingkan dengna anak yang tidak mendapatkan asupan buah beri.
  9. Sayuran berwarna, tidak sedikit anak yang kurang begitu suka dengan sayur sayuran. Tetapi ternyata sayuran berwarna seperti Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya gizi dan sumber antioksidan tinggi, dimana bermanfaat untuk sel-sel otak. Solusinya adalah pintar pintar didalam menyajikan dan memasukan kedalam menu makan anak.
  10. Susu dan yoghurt, seperti yang sudah kita ulas diatas susu kambing bermanfaat untuk mencerasarkan otak anak. Begitu pula dengan yogurt karena mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis zat gizi ini baik untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim
  11. Dan yang terakhir adalah daging sapi tanpa lemak. Di mana memiliki kandungan Zat besi (mineral esensial) yang di teliti membantu untuk meningkatkan konsentrasi pada anak.

Itulah 11 daftar makanan yang dapat bunda terapkan kepada si kecil. Dan yang paling penting adalah peran kita sebagai orang tua dalam mendidik si buah hati. Karena semua menu diatas tidak akan berguna tanpa campur tangan kita untuk melatih dan mendidik. Karena pada dasarnya semua anak diberi anugerah kecerdasan masing masing. Sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share ke yang lainnya ya. Supaya semakin banyak yang membaca dan mendapatkan manfaatnya.

Pencarian Terkait :susu bubuk yang dapat mencerdaskan otak atau daya ingat anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *