Tambah Pendapatan Dari Kambing Etawa

Tambah Pendapatan Dari Kambing Etawa

Warga sekitar Sentra produksi gula semut di Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta saat ini sedang melebarkan usaha peternakan kambing etawa. Selain sentra bisnis gula semut, mereka juga memiliki kelompok usaha peternakan kambing etawa. Hal ini dituturkan oleh salah satu pengurus kelompok usaha gula semut bernama Rohmadi, warga Desa Hargotirto.

Saat ini pemerintah Kabupaten Kulonprogo memang sedang mendorong peternakan kambing etawa di Kecamatan Kokap, ungkap Rohmadi. Kebijakan ini tampaknya memberikan dampak positif terutama bagi penderes gula. Karena mendapatkan lahan usaha baru dan tentunya pendapatan mereka pun bertambah dari yang tadinya hanya dari usaha gula semut, sekarang ini sedang merambah ke peternakan kambing etawa.

Tambah Pendapatan Dari Kambing Etawa

Dukungan pemerintah berupa bantuan baik itu keterampilan, alat maupun modal disalurkan kepada mereka. Wilayah Kokap dipilih karena memang kondisi Agroklimat wilayah tersebut sangatlah cocok untuk membudidayakan kambing etawa. Selain beternak kambing etawa, hasil produksi lainnya adalah susu kambing, daging dan pembibitan.

Untuk susu kambing sediri juga tidak sebatas susu cair yang dapat mereka hasilkan, melainkan diolah lagi menjadi susu bubuk.

Perajin gula semut yang lain, Biarto mengatakan Desa Hargotirto memang sedang digarap untuk menjadi desa sejahtera. Dulunya, kata Biarto, hampir setiap rumah memprodusi gula merah yang pendapatannya tidak seberapa.

Selain gula dan juga susu kambing, petani juga menggarap usaha di bidang tanaman, yaitu buah durian. Sistem dilakukan adalah dengan sistem tumpang sari dengan buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *